Pengertian revitalisasi merupakan perjalanan proses, cara dan atau perbuatan tindak lanjut untuk menghidupkan atau menggiatkan kembali berbagai program kegiatan apapun, atau dengan kata lain berusaha untuk menjadikan sesuatu itu menjadi penting dan perlu. Revitalisasi bilamana di kaitkan dengan bumdes setidaknya berhubungan dengan penguatan kelembagan, peningkatan kapasitas pengurus, sistem adminitrasi ataupun laporan keuangan serta penguatan program usaha.

Revitalisasi bumdes menjadi berbeda dengan lainnya, terutama yang bisa mengangkat/ menonjolkan keunikan ataupun kekhasan yang berhubungan dengan potensi yang dimilikinya. Karena keunikan dan potensi itulah maka bumdes dapat berkembang dengan cara tersendirinya.

Begitupula dengan Bumdes Ngudi Sejahtera Ngunut, memiliki keunikan/ke–khasan usaha berdasarkan kegiatan usaha berbasis home industri yang produknya sudah dipasarkan secara nasional. Adapun kategorinya adalah ;

  1. Produk alat rumah tangga
  2. Produk Konveksi dan peralatan tentara
  3. Produk makanan, snack dan kuliner

Aktifitas pengolahan produk diatas, sekurang-kurangnya dapat menyerap sebanyak 5.000 pekerja (siang) dan 1.000 (malam). Namun, karena  saat ini,  Karena pendemi hanya berjalan 50 % dengan sistem kerja 15 hari. Kondisi ini menyebabkan para pekerja dirumahkan hingga waktu yang tidak jelas.

Karena itulah, bumdes ngunut hadir berusaha mengambil peran sebagai konsolidator, hadir untuk mengkreasi dan menginovasi dengan cara mendirikan portal usaha berbasis digital pemasaran melalui marketplace nasional dibawah ini ;

 

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?

Tinggalkan Komentar

Komentar anda tidak akan dipublikasikan, jika formulir yang ditandai * tidak diisi.