DESA NGUNUT

Desa Ngunut adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Ngunut yang memiliki wilayah terluas dari desa lainnya yaitu ± 3,73 Km2  yang dibagi menjadi 10 dusun, 28 RW dan 78 RT.

Batas – batas wilayah Desa Ngunut disebelah Utara berbatasan dengan Sungai Brantas. Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Gilang. Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Sumberejo Wetan. Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Pulosari.

Secara geografis Desa Ngunut memiliki letak yang cukup strategis, karena seluruh wilayah berada pada tanah datar dan menjadi jalur penting pusat kecamatan Ngunut, yang memiliki tingkat mobiltas yang cukup padat, khususnya mobilisasi angkutan hasil-hasil perindustrian, pertanian maupun sumber-sumber kegiatan ekonomi lainnya. Selain itu juga didukung fasilitas kesehatan seperti posyandu terbanyak yaitu 14 unit dan layanan kesehatan lainnya seperti puskesmas, Rumah Sakit, klinik, dll yang sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Pola pembangunan lahan di Desa Ngunut lebih didominasi oleh kegiatan industri (pembuatan sabuk, Kaporlap TNI, dll) , perdagangan, dan pertanian. Dari segi pendidikan, juga terdapat beberapa sekolah dan yang cukup terkenal yaitu SMP N 1 Ngunut, SMP N 3 Ngunut, dan beberapa sekolah lainnya ditingkat SD. Tidak hanya itu, di Desa Ngunut terdapat banyak fasilitas umum lain seperti stasiun, bank, pasar, minimarket, dan fasilitas umum lainnya.

Berdasarkan BPS kabupaten Tulungagung tahun 2016 penduduk di wilayah kecamatan Ngunut yang memiliki jumlah penduduk yang paling banyak yaitu Desa Ngunut sebanyak ± 17.193 jiwa yang terbagi menjadi 8.472 jiwa laki-laki dan 8.721 jiwa perempuan.

Sejarah

Konon dahulu asal mula desa Ngunut, para sesepuh desa Ngunut menyebutnya dengan sebutan nunut (bahasa Jawa: numpang). Sebab dahulu banyak orang yang bepergian jauh dari daerah manapun selalu singgah (bahasa Jawa: mampir) di warung, posko polisi, yang bermaksud untuk sekedar nunut atau numpang, istirahat, karena seringnya orang-orang yang mampir, akhirnya daerah tersebut diberi nama “Ngunut”, sampai sekarang cerita asal muasal desa tersebut sangat singkat sekali, yaitu adanya nama desa Ngunut dikarenakan banyak orang yang sering nunut atau numpang.

Wilayah Desa

0
Dusun
0
Rukun warga
0
Rukun tetangga
Wilayah Dusun
Batas Wilayah

Visi & Misi

Menjadikan Desa Ngunut makmur sejahtera dalam naungan ridha Allah SWT.

  1. Memajukan pembangunan infrastruktur.
  2. Meningkatkan kesejahteraan desa dengan pembangunan usaha kecil menengah.
  3. Menjadikan desa dengan transparansi anggaran untuk publik.
  4. Memajukan karang taruna sebagai pelopor pembangunan desa.

Perangkat Desa

Aparat desa Tulungagung periode 2016-2022

ABDULLAH

KEPALA DESA NGUNUT

MISYANTO.S.Sos

SEKRETARIS DESA NGUNUT

LINDA SULISTYANING RAHAYU

KAUR PEMBANGUNAN

ENI HERIYANTI

KAUR KEUANGAN

EDI SUDRAJAT, M.Pd.I

KAUR UMUM

ALI ASPAR

KAUR KESRA

MOH. LUKMAN YUSUF

STAF KAUR KESRA

SUGIONO

KEPALA DUSUN MBODOG LINGKUNGAN 1

AGUS LUWARSO

KEPALA DUSUN BEJI LINGKUNGAN 2

MUHAIMIN

KEPALA DUSUN PACITAN LINGKUNGAN 3

SUTRISNO

KEPALA DUSUN GENTENGAN LINGKUNGAN 4

SURADJI

KEPALA DUSUN GANGRODA LINGKUNGAN 5

SOPINGI

KEPALA DUSUN KAUMAN LINGKUNGAN 6

WIDODO

KEPALA DUSUN RECOBARONG LINGKUNGAN 7

IDA TURYANDARI

KEPALA DUSUN PANDEAN LINGKUNGAN 8

ANDREAS MUDJIONO

KEPALA DUSUN OLAKALUNG LINGKUNGAN 9

Ingin tahu statistik desa?

Semua data statistik tentang desa